Sabtu, 05 Juni 2010

Kerajinan Unik Pembuka Surat Dengan Bentuk Kepala Wayang Dan Motif Batik Khas Jawa Terbuat Dari Kayu Sengon Yang Pembuatan Motifnya Menggunakan Proses Batik Tulis

spesifikasi:

kode: PS-01
 Letter Opener
Jenis Produk: Wooden Batik

Bahan/Material Kayu Sengon
Dimensi 21x5x0.5 cm
Kapasitas Produksi 300 pcs/bulan
Harga Rp 20.000,00/pcs

(Harga belum termasuk biaya pengiriman)






Deskripsi:
       Surat/ letter adalah suatu komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak ke pihak lain. Surat merupakan lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi untuk berbagai kepentingan. Atau bisa dikatakan bahwa surat adalah suatu bentuk komunikasi lewat tulisan. 
      Sedangkan pengertian yang wayang jika dilihat dari sudut pandang terminologi ada beberapa pendapat mengenai asal kata wayang. Pendapat pertama mengatakan wayang berasal dari kata wayangan atau bayangan yaitu sumber ilham, yang maksudnya yaitu ide dalam menggambar wujud tokoh. Sedangkan pada pendapat kedua mengatakan kata wayang berasal dari Wad dan Hyangartinya leluhur. Dalam Kamus Bahasa Indonesia, Wayang berarti sesuatu yang dimainkan ki Dalang berupa gambar pahatan dari kulit binatang, melambangkan watak-watak manusia. Dalam Kamus Bahasa Sunda disebutkan bahwa wayang adalah boneka berbentuk manusia yang dibuat dari kulit atau kayu, dan lebih ditegaskan lagi pengertian wayang sama dengan sandiwara boneka. Dalam pengertian luas wayang bisa mengandung makna gambar, boneka tiruan manusia yang terbuat dari kulit, kardus, seng, mungkin kaca serat (fibre-glass), atau bahan dwimatra lainnya, dan dari kayu pipih maupun bulat torak tiga dimensi.
       Barang kerajinan yang kami jual jenis ini mempunyai nilai keunikan (khas) tersendiri karena terbuat dari kayu yang banyak diketemukan di Indonesia, dan diproses lebih lanjut (pemberian motif batik atau aksen keindahan/estetika) dengan menggunakan teknik batik tulis. Biasanya proses batik seperti ini hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada material kayu sengon yang mempunyai tekstur yang unik. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol. Dan untuk proses penyelesaian (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (lacquer). Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional secara handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya.
      Kegunaan dari produk ini adalah sebagai  pembuka surat/letter opener berbentuk pisau yang simple dan efisien untuk membuka surat-surat yang kita terima. Barang jenis ini sangat eksklusif dan dapat dijadikan alternatif gift dan souvenir bagi orang-orang terdekat dan kerabat anda maupun maupun  sebagai hiasan, baik hiasan untuk meja maupun dinding, dengan cara digantung atau ditempel pada dinding. Maka tempat impian dan istimewa anda akan menjadi lebih 'hidup'  karena terdapat salah satu produk kerajinan tangan dengan nuansa tradisional yang elegan karena sudah tersentuh nuansa tradisional batik yang mempunyai nilai estetika sangat tinggi. Dan orang-orang disekitar andapun akan merasa berkesan pada souvenir pemberian anda. Karena mempunyai bentuk khas lain daripada yang lain.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar