Sabtu, 05 Juni 2010

Kerajinan Unik Rekal Book Coaster (Tempat Penyangga Buku) Khas Jawa Yang Terbuat Dari Kayu Sengon Yang Diproses Dengan Menggunakan Teknik Batik Tulis Dengan Motif 'Truntum' dan 'Ukel'

spesifikasi:

kode: RK-02
Rekal Book Coaster
Jenis Produk Batik Kayu
Bahan/Material Kayu Sengon 
Dimensi 32x14x2.5 cm
Kapasitas Produksi 100 pcs/bulan
Harga Rp. 50000,-/pcs
(Harga belum termnasuk biaya pengiriman)



Deskripsi:
        Barang kerajinan jenis ini mempunyai nilai keunikan (khas) tersendiri yang terbuat dari kayu sengon yang banyak diketemukan di Indonesia, dan diproses dengan menggunakan teknik tulis. Biasanya proses batik seperti ini hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada material kayu sengon yang biasanya banyak digunakan untuk pembangunan dan pelengkap pada bangunan tempat tinggal, karena mempunyai karakter yang kuat. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol dan indigosol. Dan untuk proses penyelesaian (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (laquer). Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya. 
        Kegunaan dari produk ini adalah sebagai  tempat/penyangga buku agar kita tidak perlu repot untuk memeganginya. Motif 'Truntum' dan 'ukel' yaitu bunga dan daun yang distilasi dengan khas Jawa digunakan sebagai aksen keindahan pada jenis kerajinan ini dengan warna kuning yang cerah. Untuk pemakaiannya dapat digunakan dalam keperluan sehari-hari dalam rumah tangga, tempat ibadah, perkantoran maupun hotel. Dapat digunakan sebagai hiasan meja maupun souvenir bagi orang-orang  terdekat maupun kerabat anda. Jadikanlah tempat tinggal, tempat ibadah, perkantoran maupun hotel anda agar  menjadi lebih 'hidup' karena terdapat salah satu produk kerajinan tangan dengan nuansa tradisional yang elegan. Dan orang-orang disekitar andapun akan merasa berkesan pada souvenir pemberian anda. Karena mempunyai bentuk khas lain daripada yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar