Minggu, 25 April 2010

Congklak Lipat Bentuk Kura-Kura (Turtle) Merupakan Salah Satu Kerajinan Dan Permainan Tradisional Unik Khas Jawa Yang Terbuat Dari Kayu Sengon Dengan Perpaduan Proses Ukir Dan Batik






spesifikasi

kode: CK-01
Congklak Lipat 
(Javanese Game Turtle)
Jenis Produk: Batik Kayu (Wooden Batik)
Bahan/Material Kayu Sengon
Dimensi 42x23x3 cm
Kapasitas Produksi 200 pcs/bulan

Harga Rp 130.000/set
(Harga belum termasuk biaya pengiriman)


Deskripsi:
        'Congklak Lipat Bentuk Kura-Kura (Turtle)' merupakan sebagai alat permainan tradisional anak-anak khas Jawa, khususnya di pelosok dan pedesaan pada jaman dulu. Kalau di Solo pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya jenis permainan ini ada yang menyebut 'Dakon'. Apalagi berbentuk kura-kura yang manis dan yang pasti semua orang mengetahui profil binatang ini. 
        Produk ini mempunyai keunikan tersendiri karena terbuat dari kayu yang banyak diketemukan di Indonesia, dan diproses dengan menggunakan perpaduan teknik ukir dan batik tulis. Pada umumnya  proses batik hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada kayu sengon. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol. Dan untuk proses penyelesaiannya (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (lacquer). Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya! 
        Saat ini 'Congklak Lipat' selain sebagai alat permainan tradisional dapat juga beralih fungsi  sebagai hiasanatau pelengkap interior baik dalam rumah tangga, perkantoran maupun hotel. Yang jelas tempat istimewa anda akan menjadi lebih 'hidup' dan elegan. Karena mengandung nuansa tradisional yang bercitarasa tinggi. Apalagi batik sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional dan UNESCO sebagai salah satu produk khas dari Indonesia.

1 komentar:

  1. kalo mau mesen bagaimana ya ? bagi no contact yang bisa di hubungi dong

    BalasHapus