Minggu, 25 April 2010

Kerajinan Unik Khas Jawa Berbentuk Anak Gajah Dengan Ukuran Kecil (Small) Terbuat Dari Kayu Jati Yang Diproses Dengan Menggunakan Teknik Batik Tulis

spesifikasi:


kode: GJ-03S
Gajah (Elephant) Small
Jenis Produk: Batik Kayu (Wooden Batik)
Bahan/Material Kayu Jati
Dimensi 11x5x7 cm
Kapasitas Produksi 100 pcs/bulan
Harga Rp. 25.000,-

(Harga belum termasuk biaya pengiriman)



Deskripsi:
        Setiap orang pasti tahu, bahwa gajah (Bahasa Inggris: elephant) merupakan salah satu binatang yang mempunyai tubuh besar dan kuat yang sudah 'mendunia'. Bahkan sejak jaman prasejarahpun jenis binatang ini sudah ada. Dulu bernama 'mammooth'. Sampai sekarangpun masih ada, meskipun jumlahnya sudah mulai berkurang. Maka tidaklah mengherankan jika binatang ini dijadikan simbol untuk bermacam-macam produk, karena mempunyai  karakter yang kuat, besar dan kokoh. 
        Untuk menjaga populasinya tersebut, kami membuat miniatur binatang tersebut, agar kelak anak cucu kita juga bisa mengetahui dan mengenalnya. Supaya menjadi lebih menarik dan mempunyai nilai seni yang tinggi, barang kerajinan jenis ini kami padu dengan motif batik yang diproses dengan menggunakan teknik batik tulis sebagai unsur estetika atau keindahannya. Sehingga produk ini mempunyai nilai keunikan (khas) tersendiri. Pada umumnya proses pembatikan hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada kayu jati. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol. Untuk proses penyelesaian (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (laquer). Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya!
        Kegunaan dari produk jenis ini adalah sebagai souvenir atau cinderamata untuk suatu event. Misalnya untuk pernikahan, ulang tahun, hadiah dan sebagainya. Karena gajah ini mempunyai simbol atau makna dari kekuatan, kekokohan dan kebesaran,  maka tidaklah mengherankan apabila orang berharap dalam mengarungi hidupnya bisa mendapatkan keberuntungan dan keberhasilan, karena tahan dan kuat dalam menghadapi tantangan, rintangan serta badai dalam hidupnya. Souvenir ini dapat juga digunakan sebagai hiasan dalam memenuhi kebutuhan nilai keindahan pada rumah tinggal , perkantoran  maupun hotel. Jadi, tempat istimewa anda akan menjadi lebih 'hidup'' dan elegan karena mengandung nuansa tradisional yang penuh dengan nilai estetika yang bercitarasa tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar