Sabtu, 24 April 2010

Congklak Naga Dengan 12 (Dua Belas) Lubang Merupakan Kerajinan Dan Permainan Tradisional Unik Khas Jawa Yang Terbuat Dari Kayu Jati Dengan Perpaduan Proses Ukir Dan Batik Dengan Motif Paduan Parang Dan Sisik Melik

Spesifikasi:


kode: CK-02












Congklak Naga 
(Javanese Game Dragon)
12 lubang
Jenis Produk: Batik Kayu (Wooden Batik)
Bahan/Material Kayu Jati
Dimensi 75x16x25 cm
Kapasitas Produksi 50 pcs/bulan
Harga 250.000/set
(Harga belum termasuk biaya pengiriman)


Deskripsi:

        'Congklak Naga' merupakan sebagai alat permainan tradisional anak-anak khas Jawa, khususnya di pelosok dan pedesaan pada jaman dulu. Kalau di Solo pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya jenis permainan ini ada yang menyebut 'Dakon'. Jenis ini merupakan perpaduan dari kerajinan khas Jawa dan Bali dan mempunyai 12 (dua belas) lubang.
        Produk ini mempunyai keunikan tersendiri karena terbuat dari kayu yang banyak diketemukan di Indonesia, dan diproses dengan menggunakan perpaduan teknik ukir dan batik tulis. Untuk aksen keindahannya bisa digunakan motif jenis 'Parang' dan 'Sisik Melik'. Pada umumnya  proses batik hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada kayu jati yang mempunyai karakter yang kuat, karenanya kayu jenis ini dapat digunakan dalam perlengkapan dan pembangunan tempat tinggal dan funiture. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol. Dan untuk proses penyelesaiannya (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (lacquer).
        Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional secara handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya!
        Saat ini fungsi dari jenis ini selain masih bisa sebagai alat permainan dapat juga digunakan sebagai hiasan dan pelengkap interior baik dalam rumah tangga, perkantoran maupun hotel. Dijamin pasti akan menjadi lebih 'hidup'. Karena ada nuansa batiknya yang mempunyai cita rasa tinggi. Apalagi batik sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional dan UNESCO sebagai salah satu produk khas dari Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar