Sabtu, 24 April 2010

Congklak Naga Dengan 16 (Enam Belas ) Lubang Dengan Motif Paduan 'Parang' dan 'Sisik Melik' Merupakan Kerajinan Dan Permainan Tradisional Unik Khas Jawa Yang Terbuat Dari Kayu Jati Dengan Perpaduan Proses Ukir Dan Batik

Spesifikasi:

kode: CK-03





Congklak Naga 
(Javanese Game Dragon)
16 lubang
Jenis Produk: Batik Kayu (Wooden Batik)
Bahan/Material Kayu Jati
Dimensi 90x17x26 cm
Kapasitas Produksi 50 pcs/bulan
Harga Rp. 280.000/set
(Harga belum termasuk biaya produksi)


Deskripsi:
        Saat ini batik sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional dan UNESCO sebagai salah satu produk kerajinan khas dari Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi produk-produk kerajinan dari tanah air kita ini, temasuk permainan tradisional, seperti salah satunya adalah  'Congklak Naga' dengan 16 (enam belas) lubang yang merupakan alat permainan tradisional anak-anak khas Jawa, khususnya di pelosok dan pedesaan pada jaman dulu. Kalau di Solo pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya jenis permainan ini ada yang menyebut 'Dakon'. Jenis ini merupakan perpaduan dari kerajinan khas Jawa dan Bali.
        Produk ini mempunyai keunikan tersendiri karena terbuat dari kayu yang banyak diketemukan di Indonesia, dan diproses dengan menggunakan perpaduan teknik ukir dan batik tulis. Pada umumnya  proses batik hanya digunakan pada selembar kain. Tetapi kami melakukan inovasi baru pada kayu jati yang mempunyai karakter yang kuat dan texture yang unik. Karena itu kayu jenis ini banyak digunakan dalam pengembangan perumahan dan pelengkap interior.
        Motif  'Parang' dan 'Sisik Melik' kami gunakan sebagai penambah aksen keindahan pada produk ini. Untuk proses pewarnaannya kami menggunakan pewarna batik, seperti naphtol. Dan untuk proses penyelesaiannya (finishing), supaya produk ini lebih awet, kuat dan tahan lama kami lakukan proses coating. Yaitu proses pelapisan produk dengan menggunakan lak (lacquer). Semua proses pengerjaan ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan handmade (kerajinan tangan). Termasuk juga dalam proses pembuatan bentuk dasar atau 'mentahnya'. Yaitu bentuk produk sebelum mengalami proses pembatikan dan pewarnaan. Jadi dalam satu item produk pasti terdapat hasil jadi yang tidak sama, baik bentuk, warna, motif dan dimensi atau ukurannya. Karena produk ini dibuat tidak dengan menggunakan mesin produksi. Tapi inilah nilai keunikannya! 
        Saat ini fungsi dari jenis ini selain masih bisa sebagai alat permainan dapat juga digunakan sebagai hiasan atau pelengkap interior baik dalam rumah tangga, perkantoran maupun hotel. Pasti tempat idaman anda akan menjadi lebih 'hidup'. Karena ada nuansa batik, ukir  dan perpaduan dari dua unsur budaya daerah, yaitu Jawa dan Bali. Dalam gambar diatas terlihat 12 (dua belas) lubang. Ini hanya merupakan contoh spesimen dari produk. Tapi nanti kami bisa membuatkan 16 (enam belas) lubang seperti pada spesifikasi dan nama produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar